Matematika
A. STANDAR KOMPETENSI
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
B. KOMPETENSI DASAR
Matematika : 3.1 Mengenal pecahan sederhana
C. INDIKATOR
Matematika : Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat
Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
Menulis lambang pecahan setengah, seperempat
Menulis lambang pecahan sepertiga, seperenam
Membaca bilangan pecahan setengah, seperempat
Membaca lambang pecahan sepertiga, seperenam
Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Matematika : Siswa dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4
Siswa dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6
Siswa dapat menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
Siswa dapat membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4
Siswa dapat menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
Siswa dapat membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
Siswa dapat menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
II. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
• Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
• Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
• Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
Matematika
• Siswa dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4
• Siswa dapat membuktikab pecahan 1/3, 1/6
Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Matematika
• Guru memberi contoh cara menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
• Guru bersama siswa membaca lambang pecahan 1/2, 1/4
Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
Matematika
• Guru memberi contoh menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
• Guru bersama siswa membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
Minggu II
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
Matematika
• Guru memberikan contoh tentang menentukan nilai pecahan melalui gambar
• Siswa menentukan nilai pecahan melalui gambar
Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Matematika
• Guru memberikan contoh tentang cara menentukan pecahan melalui gambar
• Siswa menentukan nilai pecahan melalui gambar
Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
Matematika
• Guru memberikan gambar-gambar yang sudah ada nilai pecahannya
• Siswa disuruh mewarnai gambar tersebut sesuai dengan nilai pecahannya
Minggu III
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
Matematika
• Guru memebrikan gambar-gambar tersebut sesuai dengan pecahannya
• Siswa diminta mewarnai gambar tersebut sesuai dengan nilai pecahannya
Pertemuan II : 6 x 36 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Matematika
• Siswa membuat gambar sesuai dengan nilai pecahannya
Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
Matematika
• Guru memberikan gambar-gambar sudah ada nilai pecahannya
• Siswa diminta mewarnai gambar tersebut sesuai nilai pecahannya
• Siswa membuat gambar sesuai dengan nilai pecahannya
C. Kegiatan Akhir
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
2. Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
3. Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
4. Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
5. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
III. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
3. Buku Matematika
6. Ensiklopedia
10. Media elektronik
IV. PENILAIAN
1. Teknik Tes
Tes dan non tes
2. Bentuk Tes
Lisan :
1. Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
2. Ketepatan menjawab
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
Tertulis :
1. Isian
2. Pilihan Ganda
3. Uraian
4. Tes perbuatan
3. Instrumen Tes
1. LKS
2. Lembar observasi
V. MATERI POKOK
4. Matematika
Pecahan
Bangun datar
Sudur
Persegi dan persegi panjang
VI. METODE PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar